Image

INVENTARISASI TARI REJANG DI DESA TUA-BALI

08 November 2023

Deskripsi Buku

Judul          : Inventarisasi Tari Rejang di Desa Tua-Bali

Penulis       : I Wayan Seriyoga Parta, Dewa Gede Purwita, Made Susanta Dwitanaya

ISBN          : Masih Dalam Proses

Cover         : Soft Cover

Halaman    : xvi+144 halaman

Ukuran       : 20x27 cm

Sinopsis     :

Buku ini mempersembahkan sebuah perjalanan nenginventarisasi melalui catatan dan dokumentasi tentang kekayaan kebudayaan Bali, khususnya seni Tari Rejang. Dewasa ini Tari Rejang hadir begitu populer dan sering dipentaskan dalam pelaksanaan wali atau upacara keagamaan yang bernafaskan kesakralan kearah sekularisasi dalam konteks dasar pemikiran pariwisata budaya. Seperti diketahui, di pulau Bali terdapat desa-desa kuno yang tersebar diwilayah utara dan timur Pulau Bali berada di wilayah pegunungan dan pesisir pantai yang masih sangat memegang tradisi dan budaya yang dipandang masih murni serta menjadi cikal bakal perkembangan keberadaban kebudayaan di Bali. Buku ini memuat kurang lebih 28 (Dua puluh delapan) jenis Tari Rejang sakral yang terseber di Desa-Desa Tua tersebut. Dimana didalamnya mencatat serta mendokumentasikan keberadaan, eksistensi (corak, motif, dan ciri) dari Tari Rejang tersebut. Melalui buku ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi, dan ilmu pengetahuan dalam mengembangkan dan melestraikan Kebudayaan Bali, khususnya dari Seni Tari Rejang.

Kata Pengantar :

Taman Budaya Provinsi Bali yang dikenal luas oleh masyarakat sebaga Art Center, sejak pertama kali beroperasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan dan aktivitas berkesenian masyarakat Bali. Berbagai aktivitas dan fasilitas didalamnya menjadikan Taman Budaua senantiasa berupaya hadir menjadi bagian dan fasilitator tumbuh, lestari dan berkembangnya berbagai kegiatan kesenian masyarakat Bali. Melalui berbagai aktivitas yang digelar seperti : pameran, seminar/workshop, latihan-latihan seni (Tari, lukis, menabuh) dan berbagai kegiatan seni budaya lainnya, menjadikan Taman Budaya Provinsi Bali tetap eksis dan dicintai oleh masyarakat

Melalui buku  yang menguraikan jenis-jenis Tari Rejang yang ada di desa Tua - di Bali dari sisi atribut yang digunakan oleh Penari, Gerakan tarian dan sebagainya, diharapkan Buku Inventarisasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi sekaligus media pembelajaran dan informasi bagi masyarakat untuk tetap melestarikan seni dan budaya Bali ditengah gempuran masivnya perkembangan Teknogi dan pengaruh budaya luar saat ini.

Taman Budaya Provinsi Bali, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkomitmen untuk turut serta menjaga dan melestarikan adat, budaya, seni, tradisi, khususnya yang ada di wilayah Pulau Bali.

Link untuk memperoleh eBook : https://forms.gle/MMxeYNjT7SMaJAdv7